Beranda > Desember > Cara UKM Menangkan Persaingan Lewat Facebook

Cara UKM Menangkan Persaingan Lewat Facebook

11 Desember 2011

Apakah Anda pemilik usaha kecil menengah yang sedang membangun reputasi di Facebook? Jika betul, uraian berikut ini bisa jadi jawaban dari apa yang Anda cari selama ini.

Di era jejaring sosial seperti sekarang, perusahaan besar maupun mikro memiliki kesempatan yang setara untuk tampil kreatif di depan konsumen potensial mereka. Nah, Anda sebagai seorang pemilik usaha kecil menengah tak perlu khawatir, dengan menerapkan kiat-kiat berikut, tak mustahil bisnis Anda bisa melejit dan lebih populer daripada bisnis lain yang sudah lebih dahulu ada.

Kuncinya adalah pelajari bagaimana perusahaan besar menggunakan Facebook, ketahui kelebihan dan kelemahannya. Meskipun ada perbedaan, terdapat kiat-kiat yang bisa diterapkan baik untuk perusahaan besar atau usaha kecil. Berikut adalah keenam kiat yang disarikan dari paparan Jim Belosic.

Susun rencana dan strategi
Perusahaan besar memiliki rencana untuk lamanFacebook mereka secara terperinci. Merek berfokus pada penentuan strategi, alur kerja dan prediksi kinerja dan hasilnya. Mereka memiliki tujuan spesifik dalam benak dan mereka mengetahui apa saja kendala utama yang akan dihadapi dalam perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut.

Para pemilik usaha kecil di sisi lain, sering membuat laman Facebook hanya karena mereka melihat perusahaan lain sudah melakukannya atau mereka membaca di sebuah sumber bahwa para pakar menyarankan mereka untuk memiliki laman Facebook khusus. Namun mereka membuat laman Facebook tanpa tujuan yang jelas. Anda bisa saja tidak memiliki kekuatan manusia atau finansial untuk menyamai usaha yang lebih besar dalam upaya Facebook mereka tetapi hal itu tidak berarti Anda harus menyerah begitu saja.

Pikirkan tentang apa yang Anda hendaki dari laman Facebook Anda. Apakah itu traffic ke situs bisnis Anda, penjualan yang lebih tinggi, memperbanyak relasi atau pengikut dalam mailing list Anda? Pikirkan tujuannya dengan masak- masak karena itulah langkah pertama dalam memulai dan mengarahkan setiap langkah Anda di Facebook.

Gunakan aplikasi tab yang terkustomisasi
Anda mungkin sudah menyaksikan tabs laman terkustomisasi yang begitu mempesona yang dimiliki oleh perusahaan besar. Beberapa tahun lalu, perusahaan-perusahaan umumnya harus menyewa jasa desainer untuk membuat tabs seperti ini. Mereka melakukannya dari dasar, sangat menguras tenaga dan sulit untuk dipertahankan dalam jangka lama. Pekerjaan tersebut hampir serupa dengan pekerjaan penuh waktu yang tidak bisa didanai oleh sebuah usaha kecil.

ShortStack, bersamaan dengan aplikasi lain, memberikan pemilik bisnis kecil kemampuan utnuk membuat tab mereka sendiri dengan tingkat kesulitan yang lumayan rendah.

Anda tak perlu lagi harus menguasai bahasa pemrograman dan Anda bahkan tidak perlu menjadi desainer web yang piawai untuk itu. Mereka akan memberikan Anda tampilan dan fungsionalitas yang mampu disajikan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam laman Facebook mereka dengan biaya yang lebih terjangkau.

Aplikasi-aplikasi tab terkustomisasi berikut ini sehingga penting bagi Anda untuk memanfaatkan mereka.

Tekankan interaksi

Pengguna Facebook menghendaki interaksi dan perhatian dan inilah yang kadang diabaikan oleh perusahaan besar. Perusahaan besar mengetahui bagaimana menyenangkan penyuka laman Facebooknya.

Sayangnya, tampaknya sebagian besar pemilik bisnis kecil kurang memperhatikan hal ini. Laman Facebook mereka hanya terdiri dari sekumpulan gambar, bio yang singkat dan mungkin peta. Namun inilah konten yang statis ini tidak akan membuat pengguna terpesona.

Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, Anda harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan dalam Facebook, yaitu melibatkan pengguna lain dan berinteraksi dengan intens di dalamnya.

Fitur-fitur promosi seperti kontes, hadiah dan sebagainya tersedia pada aplikasi tab kustom yang ada di pasaran. Sehingga jika Anda tidak menggunakan aplikasi tab terkustomisasi, daftarlah, buat konten yang mampu melibatkan dan membuat pengguna merasa tertarik untuk berinteraksi.

Selalu siap sedia
Facebook berkenaan dengan individu, pelanggan Anda. Bisnis besar memiliki manajer komunitas, posisi yang berhubungan dengan pelanggan mereka sehari-hari.

Pemilik bisnis kecil sering memeriksa laman Facebook bisnis sekali atau dua kali dalam seminggu, menanggapi hanya sesekali. Namun Anda tidak akan merasa nyaman mengetahui pelanggan berada di toko tanpa ada seseorang yang menanggapi pertanyaan mereka, atau menjawab pertanyaan mereka mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Maka dari itu, ushaakan untuk terus siap siaga secara online.

Kesiapsiagaan Anda dalam menanggapi komunitas online Anda di Facebook bisa jadi apa yang memotivasi Anda untuk datang dan membeli, sehingga periksa laman Facebook Anda lebih sering dan tanggapi jika sejumlah fans mencoba berinteraksi dengan Anda di dinding (wall).

Ambil tindakan
Mengumpulkan umpan balik dan mengamati perubahan yang terjadi ialah bagian dari pekerjaan manajer komunitas bisnis besar. Namun memanfaatkan sata semacam itu biasnaya meliputi laporan, rapat panitia, barang yang dijual dan langkah-langkah lainnya dalan hirarki birokratis perusahaan besar.

Inilah posisi Anda, sebagai seorang pemilik bisnis, memiliki keunggulan.

This is where you, as a small business owner, really have an advantage. Tulis di wall Anda yang berasal dari pelanggan menjadi umpan balik instan yang bisa Anda gunakan untuk membuat perubahan yang diperlukan, memecahkan masalah dan bahkan menikmati pujian. Dan karena Andalah si pemilik, Anda harus membuat keputusan.Tim-tim yang berasal dari usaha besar kemungkinan kecil memiliki waktu untuk menyetujui sebuah tanggapan. Itu semua terserah Anda dan Anda bisa mewujudkannya sekarang.

Bersikap fleksibel
Korporasi besar cenderung lamban dalam membuat keputusan. Tak hanya dalam hal laporan dan rapat, ada juga perencanaan dan pemasaran. Sebagai hasilnya, manajer komunitas bisnis besar memiliki tingkat flekibilitas yang lebih rendah.

Namun ushaa kecil menengah tidak perlu harus mengejar kesuksesan ala korporasi besar. Misalnya jika Anda seorang pemilik restoran yang ingin ada lebih banyak pengunjung dan pembeli dalam restoran Anda malam ini, mengapa tidak memberitahukannya dalam laman Facebook bisnis restoran Anda, dan Anda bisa tawarkan siapa saja yang datang dan terlibat dalam pembahasan tersebut akan mendapatkan hadiah tertantu.

Jika Anda memiliki terlalu banyak inventaris yang Anda ingin singkirkan segera sebelum pengiriman selanjutnya tiba? Anda bisa beritahukan di Facebook bahwa hari ini akan ada potongan 25% bagi fans yang tertarik. Mereka yang tertarik bisa mencetak kupon dan menunjukkannya.

Menciptakan sebuah perasaan pentingnya kecepatan tanggapan dan penawaran yang menggiurkan terhadap fans ialah dua cara yang baik dalam mengingkatkan respon komunitas yang kuat. (*Akhlis)

About these ads
Kategori:Desember
%d bloggers like this: